Selasa, 25 Oktober 2011

mengenal ikan gurame

Semua spesies ikan gurami termasuk dalam family Osphonemidae. Orang luar negeri menyebut ikan gurame sebagai ikan labirin.

Hal ini disebabkan karena mereka mempunyai organ berbentuk labirin yang berguna untuk menyerap oksigen dari udara secara langsung.

Organ labirin tersebut langsung berhubungan dengan insang. Untuk ikan gurami jenis osphronemidae, mereka akan mengambil udara untuk bernapas dengan cara berenang keatas mendekati permukaan.

Dengan adanya labirin ini ikan gurami bisa beradaptasi dengan kondisi air yang jelek atau kandungan udara tipis. Ikan gurami hidup di daerah Asia mulai dari India dan Pakistan kemudian menyebar ke daerah Malaya sampai ke Korea.

Ikan gurami hanya ditemui pada perairan yang beriklim tropis. Jenis gurame yang dikenal masyarakat luas adalah osphronemus goramy. Ikan jenis ini bisa mencapai ukuran panjang sampai 60 cm.

Jika kita bisa menjaga lingkungan perairan dengan baik, nutrisi terjaga, ikan ini bisa hidup hingga 25 tahun bahkan lebih. Jenis gurami ini berasal dari Indonesia, sekarang jenis ini juga bisa ditemui di Asia Tenggara termasuk di China.

Ada juga jenis ikan gurami untuk ikan hias yakni kissing gurami (hellostoma temminki). Jenis ini paling banyak dimiliki para hobbis. Ikan ini mampu mencapai ukuran 25 cm. Ada juga jenis ikan hias gurami yang berukuran lebih kecil, namanya moonlight gurami (trichogaster microlepis).

Jenis ikan ini akan berhenti pertumbuhan tubuhnya jika sudah mencapai ukuran 15 cm.
Adalagi jenis ikan gurami hias yang lebih kecil ukurannya, talking gurami (trichopsis vitatta). Ukurannya hanya sekitar 5 centimeter saja.

Kebanyakan spesies gurami akan hidup dengan baik bila berada pada air yang netral atau mempunyai pH 7. Ikan gurami juga bisa hidup di air lunak dengan temperatur 24-26 derajat celsius.

Gurame termasuk ikan yang biasa memakan segala jenis mkanan. Bahkan sayur-sayuran pun bisa untuk pakan ikan gurami . Untuk ikan gurami hias, biasa diberi makan udang kecil-kecil atau diberi cacing. Ikan gurami sangat suka segala macam cacing baik cacing hitam maupun cacing merah.

Ikan gurami termasuk spesies ikan yang senang bertarung satu sama lain sehingga bagi para hobbiis yang memelihara ikan gurami jenis hias sebaiknya memasang batu-batuan penghalang untuk menhindari perkelahian.

Selama ikan gurami diberi cukup ruang sebagai daerah kekuasaan mereka sendiri maka perkelahian antar sesama ikan gurami bisa terhindarkan.

Sumber:www.infoagrobisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar